11 Cara Ampuh Mengatasi Wi-Fi Android yang Sering Putus

Rio Chandika

11 Cara Ampuh Mengatasi Wi-Fi Android yang Sering Putus

Apakah Wi-Fi di smartphone Android kamu seringkali putus? Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti glitch dengan antarmuka Wi-Fi, pengaturan jaringan yang bertabrakan, atau konfigurasi router yang salah.

Namun jangan khawatir, kamu bisa mencoba 11 cara mengatasi Wi-Fi Android yang sering putus berikut ini:

1. Nyalakan dan Matikan Mode Pesawat

Cara termudah untuk mengatasi masalah koneksi internet pada smartphone Android adalah dengan masuk dan keluar dari Mode Pesawat.

Caranya, tarik layar notifikasi ke bawah, lalu ketuk ikon Mode Pesawat, tunggu beberapa detik, dan ketuk lagi ikon tersebut.

2. Cek Kekuatan Sinyal

Tetap berada dekat dengan router atau access point adalah cara terbaik untuk menghindari Wi-Fi terputus. Pastikan indikator Wi-Fi di smartphone Android kamu minimal dua per tiga bagian terisi untuk menghindari terputusnya koneksi yang disebabkan oleh obstruksi fisik dan gangguan nirkabel.

3. Hapus dan Tambahkan Kembali Jaringan

Menghapus dan menambahkan kembali jaringan nirkabel pada Android adalah cara cepat lain yang bisa mengatasi Wi-Fi sering terputus, terutama jika masalah terjadi hanya pada jaringan tertentu. Caranya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Jaringan & internet > Internet.
  2. Ketuk ikon gigi di sebelah SSID (nama jaringan) dan ketuk Lupa.
  3. Pilih koneksi nirkabel, masukkan kata sandi Wi-Fi, dan ketuk Sambungkan untuk bergabung lagi.

4. Hapus Jaringan Wi-Fi Usang

Banyaknya jaringan nirkabel yang tersimpan di smartphone Android kamu bisa menjadi penyebab terputusnya koneksi Wi-Fi secara tiba-tiba. Kunjungi layar koneksi internet dan hapus jaringan yang pernah terhubung yang tidak kamu gunakan lagi.

5. Restart Router atau Modem Wi-Fi

Glitch pada sisi router biasanya menimbulkan berbagai masalah koneksi. Jika perangkat Android kamu masih kesulitan mempertahankan koneksi ke jaringan tertentu, restart router biasanya dapat membantu memperbaiki masalah tersebut.

Jika kamu bisa mencapai router, cari tombol dayanya, tekan dan tahan tombol tersebut selama beberapa detik, dan hidupkan lagi

6. Reboot Perangkat Android

Jika smartphone Android kamu sering terputus dari Wi-Fi terlepas dari jaringan yang digunakan, kemungkinan kamu mengalami masalah dengan antarmuka nirkabel yang bermasalah. Me-reboot perangkat mungkin bisa membantu memperbaiki masalah tersebut, jadi tekan tombol Daya (beberapa ponsel memerlukan kamu menekan tombol Daya dan Volume Naik/Turun secara bersamaan) dan ketuk Restart.

7. Nonaktifkan Wi-Fi Adaptif dan Koneksi Adaptif

Beberapa smartphone Android dilengkapi dengan fitur yang disebut Koneksi Adaptif. Fitur ini secara otomatis mengelola koneksi internet kamu berdasarkan kekuatan sinyal dan faktor lain untuk memperpanjang masa pakai baterai. Nonaktifkan fitur ini dapat mencegah terputusnya koneksi Wi-Fi secara tiba-tiba.

Untuk mematikannya, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Jaringan & internet > Koneksi adaptif. Kemudian, matikan saklar di sebelah Koneksi adaptif.

Fitur lain yang cukup mirip adalah Wi-Fi Adaptif. Fitur ini secara otomatis beralih ke data jaringan seluler ketika koneksi Wi-Fi tidak stabil. Jika kamu tidak ingin hal itu terjadi, buka Pengaturan > Jaringan & internet > Internet > Preferensi jaringan dan nonaktifkan opsi Beralih ke data seluler secara otomatis.

8. Analisis dan Konfigurasi Ulang Jaringan Nirkabel Kamu

Jika masalah terjadi pada jaringan Wi-Fi pribadi kamu, kamu mungkin ingin menganalisisnya dan beralih ke saluran atau band GHz jika diperlukan. Misalnya, jika router memancarkan pada band 2,4 GHz, tetapi jaringan tumpang tindih dengan hotspot Wi-Fi sekitarnya, kamu mungkin ingin menggunakan saluran 1, 6, dan 11 atau beralih ke band 5 GHz.

Proses ini melibatkan tiga langkah sebagai berikut. Lihat panduan terkait untuk instruksi terperinci:

  1. Analisis jaringan nirkabel kamu menggunakan Analisis Wi-Fi seperti NetSpot.
  2. Akses pengaturan router kamu (idealnya menggunakan PC Windows atau Mac).
  3. Temukan opsi frekuensi sinyal nirkabel dan sesuaikan preferensi band dan saluran.

9. Perbarui atau Reset Firmware Router

Jika masalah terus berlanjut pada jaringan nirkabel pribadi, sebaiknya periksa apakah router kamu memiliki pembaruan firmware tertunda.

Untuk melakukannya, kunjungi panel kontrol router kamu dan cari tab atau opsi Pembaruan Router. Kemudian, periksa pembaruan online atau unggah file firmware dari situs web produsen router.

Jika tidak ada pembaruan baru, pertimbangkan untuk mereset ulang router ke pengaturan default.

10. Masuk ke Safe Mode

Aplikasi pihak ketiga seperti pemindai antivirus, penguat sinyal Wi-Fi, dan VPN berpotensi berbenturan dengan pengaturan Wi-Fi pada perangkat Android. Masuk ke Safe Mode dapat membantu kamu menentukan apakah hal tersebut menjadi penyebab masalah.

Contohnya, untuk masuk ke Safe Mode di Google Pixel, tekan tombol Daya dan Volume Naik, ketuk dan tahan ikon Restart, dan pilih OK. Pelajari cara masuk ke Safe Mode pada perangkat Android mana pun.

Safe Mode di Android menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga. Jika smartphone kamu tidak lagi terputus dari Wi-Fi, buka Pengaturan > Aplikasi dan Hapus semua aplikasi yang dapat mengganggu konektivitas jaringan selama penggunaan normal.

Setelah itu, keluar dari Safe Mode dan instal ulang aplikasi yang kamu hapus satu per satu hingga kamu menemukan penyebab masalah.

11. Perbarui Android Kamu

Pembaruan Android yang lebih baru bisa mengandung perbaikan perangkat lunak yang dapat mengatasi masalah dengan terputusnya Wi-Fi secara tiba-tiba. Untuk memeriksa dan menginstal pembaruan perangkat lunak sistem, gulir ke bawah menu Pengaturan smartphone Android kamu dan ketuk Sistem > Pembaruan sistem.

12. Reset Pengaturan Jaringan

Reset pengaturan jaringan Android jika tidak ada perbaikan dengan cara di atas. Hal ini harus menghilangkan konflik tersembunyi terkait konektivitas yang menyebabkan masalah Wi-Fi pada smartphone kamu. Caranya, buka Pengaturan > Sistem > Opsi reset dan ketuk Reset Wi-Fi, seluler, dan Bluetooth > Reset pengaturan.

Setelah mereset pengaturan jaringan ponsel kamu, masuk ke Pengaturan > Jaringan & internet > Internet, dan bergabunglah kembali dengan jaringan Wi-Fi yang kamu inginkan.

Dengan 11 cara mengatasi Wi-Fi Android yang sering putus di atas, kamu bisa memperbaiki masalah koneksi Wi-Fi pada perangkat Android kamu dengan mudah. Tindakan cepat seperti menyalakan dan mematikan Mode Pesawat, bergabung kembali dengan jaringan yang bermasalah, atau merestart ponsel kamu harus dapat mengatasi masalah kebanyakan kasus. Namun, jika tidak, mengikuti langkah-langkah perbaikan canggih di atas pasti akan membantu.

Baca Juga

Bagikan:

Share