Google Messages vs Samsung Messages: Siapa yang Lebih Asik Buat Ngirim Pesan?

Rio Chandika

Google Messages vs Samsung Messages: Siapa yang Lebih Asik Buat Ngirim Pesan?

Semua smartphone Samsung memungkinkan kamu untuk menggunakan Samsung Messages atau Google Messages. Dulu, Samsung Messages adalah aplikasi pesan default untuk ponsel Samsung, tapi sekarang smartphone seperti Samsung Galaxy S22 Ultra juga ikut bergabung dengan Android lainnya (seperti Google Pixel) dengan menjadikan Google Messages sebagai aplikasi default.

Tapi, antara keduanya, aplikasi pesan mana yang lebih asik untuk kamu gunakan? Nah, di artikel ini, kita akan melihat perbedaan antara Google Messages dan Samsung Messages untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai aplikasi mana yang memberikan pengalaman pesan terbaik untukmu.

Antarmuka Pengguna (UI)

UI untuk kedua aplikasi, Google Messages dan Samsung Messages, secara visual sangat mirip dan hanya sedikit perbedaan dalam hal fungsionalitasnya.

Di kedua aplikasi, percakapan ditampilkan dengan nama atau nomor pengirim dan cuplikan teks terbaru dalam percakapan. Percakapan dalam kedua aplikasi diurutkan secara kronologis, dengan percakapan terbaru di atas dan percakapan terlama di bawah.

Perbedaan utama antara kedua aplikasi pesan ini adalah bahwa Google Messages hanya menampilkan satu baris teks terbaru, sedangkan Samsung menampilkan hingga dua baris.

Samsung Messages memiliki dua tab di bagian bawah layar: tab pertama menampilkan percakapanmu dan tab kedua menampilkan kontakmu. Di atas percakapan, kamu bisa menambahkan kategori juga. Google Messages tidak memiliki kedua fitur ini dan memilih tampilan yang lebih sederhana dengan satu tab saja.

Arsip Pesan

Kamu bisa men-swipe sebuah percakapan di Google Messages untuk memindahkannya ke folder arsip. Fungsi ini juga bisa disesuaikan untuk menghapus pesan itu saja. Di Samsung Messages, tidak ada folder arsip pesan.

MMS atau SMS

Google Messages akan menampilkan apakah kamu sedang mengirim SMS (teks standar) atau MMS (teks dengan file terlampir, foto, atau video) saat kamu mengetik. Samsung Messages tidak akan menampilkan apakah kamu sedang mengirim MMS atau SMS, namun memiliki keterangan kecil di bawah pesan MMS setelah kamu mengirimnya.

Pesan yang Belum Dibaca

Pada kedua aplikasi pesan, percakapan yang belum dibaca ditandai dengan titik di sebelah kanan. Di Google Messages, pesan yang belum dibaca juga tebal.

Samsung Messages juga akan menampilkan jumlah pesan yang belum dibaca di setiap percakapan di sebelah kanan.

Mode Gelap

Kedua aplikasi memiliki opsi mode gelap.

Google Messages memiliki opsi terpisah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode gelap. Di sisi lain, Samsung Messages menggunakan perangkat lunak One UI (pembaruan UI terbaru dari Samsung), yang berarti aplikasi ini akan menyesuaikan dengan mode tampilan saat ini pada perangkatmu.

Mode gelap Google Messages memiliki layar abu-abu gelap, sedangkan tema gelap Samsung Messages berwarna hitam.

Notifikasi

Kedua aplikasi pesan ini mendukung notifikasi popup pada perangkat Samsung, termasuk Samsung Galaxy Watches. Pada kedua aplikasi ini, kamu bisa menekan notifikasi untuk membuka pesan di aplikasi atau tombol panah bawah di sebelah waktu untuk melihat seluruh pesan dan mendapatkan pilihan opsi.

Notifikasi pada Samsung Messages memungkinkan kamu untuk menelepon pengirim, menandai pesan sebagai terbaca, atau melihat pesan. Notifikasi ini juga memberikanmu tombol dengan saran balasan.

Notifikasi pada Google Messages hanya memungkinkan kamu untuk menandai pesan sebagai terbaca atau melihat pesan. Namun, aplikasi ini memiliki fitur yang akan memungkinkanmu menyalin sandi atau kode satu kali yang dikirimkan melalui teks.

Selain itu, Google Messages mendukung gelembung teks, fitur yang menampilkan percakapan dalam “gelembung” di sisi layarmu sehingga kamu bisa mengaksesnya dengan cepat dan mudah. Saat ini, Samsung Messages belum mendukung gelembung teks.

Tipe Pesan yang Didukung

Ada beberapa perbedaan dalam jenis pesan yang didukung oleh Samsung Messages dan Google Messages. Meskipun sebagian besar didukung oleh keduanya, Samsung mendukung lebih banyak jenis pesan dengan selisih tipis.

Jenis Pesan yang Didukung oleh Samsung Messages dan Google Messages

Baik Samsung Messages maupun Google Messages mendukung jenis pesan berikut:

  • Gambar
  • Video
  • Rekaman Audio
  • Kontak
  • Emoji
  • Lokasi
  • File
  • Pesan Jadwal
  • Judul Pesan
  • Stiker (hanya dengan Keyboard Samsung pada Samsung Messages)
  • GIF

Hanya Didukung pada Samsung Messages

Jenis pesan berikut hanya didukung pada Samsung Messages:

  • Catatan (hanya Samsung Notes)
  • Acara
  • Tanggapan Cepat

Hanya Didukung pada Google Messages

Jenis pesan berikut hanya didukung pada Google Messages:

  • Smart Reply
  • Dukungan Layanan Komunikasi Kaya (RCS)

RCS adalah protokol komunikasi atau layanan pesan yang dimaksudkan untuk menggantikan SMS dan MMS. Baik Google Messages maupun Samsung Messages mendukung RCS.

Pencarian

Fitur pencarian untuk Samsung Messages cukup sederhana. Kamu bisa mencari di halaman utama pesan untuk menemukan kontak, percakapan, atau pesan yang berisi frasa pencarianmu atau mencari di dalam percakapan untuk mencari hanya di percakapan tersebut.

Fitur pencarian di Google Messages sedikit lebih kompleks. Jika kamu mengetuk ikon pencarian di halaman pesan utama, itu akan membuka halaman baru dengan bilah pencarian di bagian atas dan dua grup: orang dan kategori.

Di bawah judul “orang”, kontak yang baru-baru ini kamu pesan akan terdaftar.

Di bawah judul “kategori”, kamu memiliki tombol untuk pesan dengan bintang, gambar, video, tempat, dan tautan. Mengetuk salah satu tombol ini akan membuka semua item untuk kategori tersebut yang ada di pesanmu. Misalnya, mengetuk ikon Gambar akan membuka semua gambar yang kamu kirim atau terima. Kamu juga bisa mencari seperti biasa.

Pesan Internet

Baik aplikasi pesan teks ini memungkinkan kamu mengirim pesan melalui Wi-Fi. Google Messages dapat menggunakan internet untuk mengirim dan menerima pesan, memberi tahu pengirim ketika kamu sudah mulai mengetik, dan mengizinkanmu untuk memberi reaksi pada pesan.

Samsung Messages dapat mengirim pesan melalui internet dengan cara yang sama. Namun, kamu harus mendaftar untuk menggunakannya.

Kompatibilitas lintas-fitur ini tergantung pada perangkat yang digunakan. Mengirim pesan ke aplikasi yang sama umumnya berjalan dengan baik, tetapi mengirim pesan antara Google Messages dan Samsung Messages sedikit kurang dapat diandalkan.

Sayangnya, karena Apple iMessage (pada perangkat iOS) menggunakan protokol pesan yang berbeda, seringkali terdapat masalah saat mengirim pesan antara aplikasi Samsung Messages atau Google Messages dan iMessage.

Seringkali, ketika pengguna iPhone menerima pesan dari aplikasi Android, iMessage kembali ke teknologi SMS, yang tidak mendukung banyak fitur pesan kontemporer.

Deteksi Spam

Kedua aplikasi memiliki deteksi spam masing-masing untuk penggunanya. Google Messages menggunakan layanannya sendiri untuk melindungi pengguna dari spam, sedangkan Samsung Messages menggunakan layanan dari Hiya.

Pengaturan

Selain fitur yang telah disebutkan sebelumnya, Samsung Messages memungkinkan pengguna untuk mengelola notifikasi, tanggapan cepat, laporan pengiriman, mode input, dan pusat pesan.

Google Messages memungkinkan pengguna untuk mengalihkan suara keluar, mengubah negara pengguna, mengelola percakapan grup, mengunduh MMS otomatis, mengunduh otomatis saat roaming, dan melaporkan pengiriman.

Fitur Tambahan di Samsung Messages

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi Samsung Messages memungkinkan pengguna untuk menambahkan kategori ke pesan mereka. Ini memungkinkan pengguna untuk mengelompokan kontak mereka untuk memudahkan akses. Misalnya, kamu bisa menambahkan semua anggota keluarga ke kategori “Keluarga”, sehingga kamu bisa mengakses pesan-pesan tersebut di folder mereka sendiri.

Fitur Tambahan di Google Messages

Aplikasi Google Messages menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menyarankan balasan untuk pesan terbaru dalam percakapanmu.

Misalnya, jika kamu menerima pesan yang mengatakan, “Di mana kamu?”, Google Messages akan memberimu opsi untuk mengetuk, seperti “Di tempat kerja” atau “Saya di rumah.” Ia bahkan akan menyarankan emotikon dan GIF.

Pesan untuk Web adalah layanan pesan Google seperti WhatsApp yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan teks di komputer mereka.

Pengguna awalnya harus memindai kode batang aplikasi untuk menggunakan fitur ini. Komputer kemudian dapat disimpan untuk digunakan di masa depan.

Pesan untuk Web berisi banyak fitur seperti mode gelap, pengaturan obrolan, notifikasi, dan peringatan data yang secara otomatis disinkronkan dengan aplikasi.

Aplikasi Pesan Mana yang Tepat untuk Kamu?

Sekarang kamu sudah tahu perbedaan antara aplikasi pesan, kamu dapat memutuskan mana yang harus kamu gunakan. Meskipun setiap aplikasi memiliki keuntungan dan batasannya sendiri, mereka sangat mirip dalam fungsionalitas dan kemudahan penggunaan, sehingga hanya masalah preferensi dan kebutuhanmu.

 

Baca Juga

Bagikan:

Share